DEDiGO Platform Digital Karya Pemuda Sukabumi Masuk Global Halal Hub

Cuplikan video introduce DEDiGO (Desa Digital Global)

JAMPANG MEDIA – DEDiGO adalah singkatan dari Desa Digital Global, brand ini merupakan nama platform aplikasi digital karya pemuda Sukabumi.

Tepatnya pemuda warga Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi bernama Ferry Sanjaya.

Platform yang dibuat ferry tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat terutama para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di desa memasarkan produknya.

Akhir bulan Januari lalu platform Desa Digital Global berhasil masuk dalam jajaran Ekosistem Global Halal Hub (GHH) yang dibangun pemerintah.

Gabungnnya DEDiGO dalam ekosistem GHH diumumkan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di Great Western Resort, Tangerang, Banten, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga:  Ribuan Situs Investasi Bodong dan Judi Online Diblokir, ini Daftarnya

Seperti diketahui, KH Ma’ruf Amin adalah sosok yang mencanangkan Ekosistem Global Halal Hub sebagai gerakan nasional sinergitas menuju Indonesia pusat produsen produk halal dunia di tahun 2024.

Dalam ekosistem Global Halal Hub, DEDiGO masuk pada kategori “Pengkinian Data Base”, yang menjadikannya sejajar dengan aplikasi pemerintah.

Selain itu, karya putra Sukabumi ini juga sejajar dengan platform digital marketplace yang populer saat ini, seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan yang lainnya.

Baca Juga:  Kewirausahaan Jadi Prioritas, Pemerintah Buka Akses Modal

Kreator platform Desa Digital Global Ferry Sanjaya menyebut, bahwa DEDiGO adalah platform yang dibuat untuk membantu desa dalam memperkenalkan potensinya kepada masyarakat lebih luas.

“Sehingga akan menjadi langkah awal digitalisasi desa di Indonesia secara menyeluruh,” ujarnya dalam rilis Humas Pemkab Sukabumi, Sabtu (5/2/2022).

Melalui Paltform ini peluang desa untuk mengembangkan potensi serta sumberdaya yang dimilikinya menjadi sangat besar, bahkan bisa membangun jaringan usaha hingga ke luar negeri.

Baca Juga:  Kewirausahaan Jadi Prioritas, Pemerintah Buka Akses Modal

Ferry mengatakan, masuknya DEDiGO kedalam Ekosistem Global Halal Hub merupakan pencapaian yang sangat baik, karena bisa membantu desa memperkenalkan potensinya ke level dunia.

Kendati demikian, kata Ferry, pencapain tersebut adalah sebuah tantangan besar bagi dirinya dan bersama timnya untuk terus melakukan inovasi.

“Pencapaian ini merupakan tantangan besar bagi kami untuk senantiasa berinovasi. Dalam waktu dekat DEDiGO akan dilengkapi dengan sejumlah fitur baru, termasuk transportasi online, donasi, dan ruang pelatihan,” katanya.***

Pos terkait