Kelangkaan Minyak Goreng Dipasaran, Polri Turun Tangan

Kasatgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika

JAMPANG MEDIA – Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, industri mikro dan kecil pemerintah berupaya menutup selisih harga penjualan dan mengatasi kelangkaan minyak goreng.

Bahkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan diberikan dukungan dengan menggelontokan pendanaan sebesar Rp7,6 triliun untuk menutupi selisih harga minyak goreng.

Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut berdasarkan hasil evaluasi dengan mempertimbangkan ketersediaan minyak goreng terjangkau oleh masyarakat.

Baca Juga:  Berantas Pinjaman Online Ilegal, BUMN Permudah Pembiayaan UMKM

Selain kemasan satu liter, subsidi selisih harga jual juga diberikan untuk minyak goreng dalam kemasan dua liter, lima liter, dan kemasan 25 liter.

Menindaklanjuti hal ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memberikan himbauan kepada para pelaku usaha minyak goreng.

Kasatgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika menegaskan, seluruh pelaku usaha di Indonesia harus menerapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng.

Baca Juga:  Kewirausahaan Jadi Prioritas, Pemerintah Buka Akses Modal

“Ketentuan ini mulai berlaku hari Selasa (1/2/2022). Jadi kebijakan satu harga minyak goreng yakni Rp14 ribu untuk kemasan premium sudah diberlakukan,” tegasnya.

Ia meminta kepada para pelaku usaha agar tidak menahan stok, dan harus sudah menyesuaikan di harga Rp14 ribu agar kelangkaan minyak goreng tidak berkepanjangan.

“Kami memastikan bahwa selisih yang didapatkan dari harga pembelian dan penjualan minyak goreng ini akan diganti oleh pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga:  Ribuan Situs Investasi Bodong dan Judi Online Diblokir, ini Daftarnya

Selain itu, sambung Helmy, pemerintah juga menetapkan HET minyak goreng dalam kemasan sederhana seharga Rp13.500 per liter. Sementara minyak goreng curah ditetapkan seharga Rp11.500.

“Para pelaku usaha harus membuat catatannya, jadi tidak rugi. Selisih harganya bisa diganti. Tapi jika menahan stok barang itu salah,” tandasnya.***

 

Pos terkait