Khasiat Cangkoreh Yang Dipercayai Masyarakat Cidadap

Tanaman Cangkoreh yang dimanfaatkan warga untuk pengobatan

JAMPANG MEDIA – Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil buminya, selama ini banyak tumbuhan yang dengan mudah tumbuh subur di Indonesia. Tanpa disadari bahwa setiap tumbuhan memili manfaat, namun terkadang setiap orang tidak mengetahui dari banyaknya tumbuhan yang memili manfaat itu. Salah satu contohnya yaitu cangkoreh.

Cangkoreh merupakan tanaman yang termasuk kedalam keluarga bambu ini tumbuh menjalar di antara pohon-pohon lain. Biasanya sering banyak dijumpai didataran tinggi dengan kondisi tanah yang miring. Warnanya hijau buku-bukunya membengkak, dan pada bekas pelepah buluh yang jatuh berwarna coklat.

Masyarakat di Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, tahu betul manfaat Cangkoreh ini. Kandungan air yang dihasilkan dari batang Cangkoreh dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata. Secara umum manfaat cangkoreh ini sendiri bukan hanya untuk mengobati sakit mata saja bahkan untuk beberapa penyakit seperti batuk, lambung, dan TBC.

Menurut keterangan masyarakat setempat, untuk mendapatkan air cangkoreh ini sangatlah mudah tinggal pilih baying Cangkoreh yang masih muda karena air yang keluarnya banyak. Kemudian kupas batang cangkorehnya lalu tampung airnya bisa menggunakan botol Aqua bekas bisa juga pakai plastik yang terpenting air cangkorehnya tertampung. Proses mengambilan air Cangkoreh ini membutuhkan waktu 12 jam dari pengupasan dan yang sering kali dilakukan dalam mengambil air Cangkoreh ini, itu di sore hari dan diambil pada besok paginya,

Proses Pengambilan Air Cangkoreh

Selama ini banyak yang masih tidak tahu manfaat dari Cangkoreh sehingga perlu adanya yang menyebar informasi tentang tumbuhan ini. Selain dari pada itu perlu adanya penelitian terkait tumbuhan ini karena masyarakat yang selalu memanfaatkan tumbuhan ini belum mengetahui lebih detail terhadap khasiatnya. Begitu juga ketika diteliti mudah-mudahan tumbuhan ini bisa diolah oleh para medis agar lebih bagus lagi khasiatnya.

Pos terkait